Kaki Gajah Membuat Enok Tak Bisa Berjalan Jauh

Kaki Gajah Membuat Enok Tak Bisa Berjalan Jauh

https://i0.wp.com/news.okezone.com/images-data/content/2009/11/29/340/280032/BsuArV7ukv.jpg

BANDUNG – Akibat kaki kirinya terus membengkak karena menderita kaki gajah, Enok Supiati (47), kini tak bisa berjalan jauh. Ibu tiga anak ini mengaku hanya bisa berjalan paling jauh sekitar 200 meter dari rumah. Setiap kali mencoba berjalan jauh, kakinya langsung terasa pegal.

“Kalau jalan masih bisa, tapi terasa berat. Ya, sekarang paling jauh di daerah-daerah sini aja. Kalau jalan lebih jauh lagi, gak kuat,” kata Enok kepada wartawan di kediamannya, Gang Madrasah No 23, RT 6 RW 3 Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay, Minggu (29/11/2009). Saat itu, Enok tampak didampingi Aci Sutarsih (83), ibunya.

Menurut Enok, selama menderita kaki gajah, ia tetap mengerjakan pekerjaan rumah seperti biasa. Namun, kata dia, porsi pekerjaannya dikurangi. Sebelumnya, ia bisa bersih-bersih rumah. Sekarang, kata dia, paling hanya cuci piring di dapur saja.

“Saya tetap mengerjakan pekerjaan sehari-hari di dapur. Memang kalau dulu, saya biasa membersihkan rumah. Tapi kalau sekarang, tidak lagi. Saya lebih banyak mengerjakan pekerjaan dapur, seperti cuci piring. Itu juga tidak terlalu lama. Kalau kelamaan badan suka jadi dingin,” kata Enok.

Enok sendiri mengaku sudah menderita sakit sejak 7 tahun lalu. Namun, kata dia, waktu itu hanya penyakit kulit biasa. Penyakit kaki gajah yang dideritanya, lanjut Enok, baru dirasakan sekitar tahun 2005 atau empat tahun lalu.

“Biasanya kalau abis cuci piring, badan suka jadi dingin. Apalagi kalau nyucinya kelamaan. Makanya, kalau sudah begitu, saya suka langsung berhenti mencuci, dan istirahat,” kata Enok dengan menggunakan bahasa sunda.

Kedua kaki Enok tampak dililit perban. Menurutnya, lilitan perban tersebut atas perintah dokter. Ia sendiri mengaku tidak tahu, kenapa kakinya harus dibalut perban.

(okezone.com)

Pos ini dipublikasikan di Kedokteran, Kesehatan dan tag , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Kaki Gajah Membuat Enok Tak Bisa Berjalan Jauh

  1. tamatrisakti berkata:

    waduhh serem banget nih gann

  2. nurrahman berkata:

    wah,se,oga ada donatur yg terketuk hatinya.amin

  3. Dot berkata:

    Hihh…Takut ngliatnya.

    • itasoraya berkata:

      buat kita yg sehat agar selalu menjaga kebersihan…di sekitar lingkungan tempat tinggal kita …agar tehindar dari penyakit kaki gajah yg bersumber dari cacing,..

  4. tamatrisakti berkata:

    Kira2 ada obatnya gak ya??

    • itasoraya berkata:

      dengan membasmi parasit atau larva yang berkembang dalam tubuh penderita, sehingga tingkat penularan dapat ditekan dan dikurangi.
      Dietilkarbamasin {diethylcarbamazine (DEC)} adalah satu-satunya obat filariasis yang ampuh baik untuk filariasis bancrofti maupun malayi, bersifat makrofilarisidal dan mikrofilarisidal. penyakit kaki gajah yang cukup parah (sudah membesar) karena tidak terdeteksi dini, selain pemberian obat-obatan tentunya memerlukan langkah lanjutan seperti tindakan operasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s