Chile Bor Lubang Penyelamat

SANTIAGO—Sebuah bor besar mulai melubangi jalan bebatuan ke bawah tanah sepanjang setengah mil untuk menyelamatkan 33 pekerja tambang di Chile. Pengeboran ini disebut-sebut sebagai penyelamatan terdalam bagi bencana bawah tanah yang berlangsung mulai Senin (30/8) waktu setempat.
Bor seberat 31 ton mulai mengebor ke kedalaman 15,5 meter, sebuah lubang panduan pengeboran awal. Kemudian bor ini akan menggunakan mata bor yang lebih besar untuk melebarkan lubang dan mengangkat para korban melalui lubang ini. Keseluruhan proses sampai pengangkatan korban ke permukaan diduga akan memakan waktu hingga empat bulan.
Petugas penyelamat mengatakan, para korban akan dapat bertahan empat bulan lagi. Petugas penyelamat optimis mereka dapat menyelamatkan para korban karena peralatan yang mereka miliki sangat memadai.
“Operator pengeboran memiliki peralatan terbaik yang tersedia di dunia,” ujar direktur KiaOra, sebuah perusahaan konsultasi keamanan tambang Selandia Baru, Dave Feickert, seperti dilansir Vivanews.com, Selasa (31/8).
“Namun bukan berarti pekerjaan ini akan mudah, mungkin saja akan terjadi masalah teknis yang akan memperlambat mereka,” tambahnya.
Untuk memasok makanan, air, udara dan obat-obatan kepada 33 korban yang terperangkap 670 meter di bawah tanah, petugas membuat tiga lubang dengan bor. Sebelumnya, para korban mengirimkan video mengenai keadaan mereka di dalam tanah. Pada video ini mereka juga menyampaikan salamnya kepada para keluarga yang menunggu mereka di atas.
Tidak Membahayakan
Para ahli mengatakan bahwa hal ini sangat penting untuk mempertahankan moral para korban. Karena mereka juga akan berperan dalam penyelamatan diri mereka sendiri. Pengeboran akan menyebabkan lebih dari 4.000 ton batu dan reruntuhan jatuh ke terowongan tambang besar.
Namun reruntuhan ini tidak akan membahayakan mereka karena terletak cukup jauh dari tempat perlindungan. Para korban akan membersihkan reruntuhan ini untuk membuka jalan keluar ke atas. Petugas mengatakan bahwa sangat penting jika korban mempunyai kesehatan fisik dan mental dalam melakukan tugas yang melelahkan ini. (ida)

sumber: harianjoglosemar.com

Pos ini dipublikasikan di Kecelakaan, Luar Negeri dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Chile Bor Lubang Penyelamat

  1. penyelamatan yang hebat..!bisa di contoh tuh..buat semua penambangan di dunia..nice share!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s