Tsunami di Mentawai Renggut 311 Nyawa

Korban jiwa gempa 7,2 Skala Richter yang mengakibatkan gelombang tsunami setinggi di Mentawai, Sumatera Barat, terus bertambah. Kini, laporan korban tewas sudah menembus angka 300 orang lebih.

“Korban gempa dan tsunami Mentawai terkini, meninggal 311 orang,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Penanganan Bencana dan Sosial, Andi Arief, dalam akun twitter-nya, Kamis 28 Oktober 2010.

Menurut Andi Arief, data yang diterima itu berdasarkan laporan lapangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mentawai. Gempa dan tsunami juga memporak-porandakan sejumlah bangunan.

“Sebanyak 460 orang hilang,” tambah Andi. Kemarin juga disebutkan, bangunan-bangunan gedung dan infrastruktur juga luluh lantak.
Laporan sementara yang masuk, bangunan-bangunan yang rusak itu antara lain satu gedung SMP rusak, empat rumah dinas, lima rumah ibadah, dan lima jembatan.

Kerusakan lain yang terpantau antara lain, 291 rumah penduduk rusak berat dan 190 rumah penduduk rusak ringan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah berada di Padang, sejak semalam.

Dalam rapat semalam, Presiden akan segera mengeluarkan Instruksi Presiden tentang Penangangan Bencana Alam. “Inpres ini akan jadi pedoman provinsi yang punya daerah rawan untuk relokasi dan memikirkan mata pencaharian warga di tempat yang baru,” kata Presiden SBY semalam. (umi)

 

 

dari berbagai sumber

 

Pos ini dipublikasikan di Alam, Bencana Alam, Tsunami dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s